Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com
”jasa

makalah perancangan sistem informasi

MAKALAH

PERANCANGAN SISTEM INFORMASI HASIL BELAJAR MAHASISWA

DISUSUN OLEH

NAMA : RIFAN ASRI
NPM : 09014023 277










AKADEMI MANAJEMAN INFORMATIKA
KOMPUTER INDONESIA
(AMIKI-B.ACEH)
2011

KATA PENGANTAR


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena atas Rahmat, Taufiq, dan Hidayah serta InayahNya,Makalah dengan Judul : ” Perancangan Sistem Informasi Hasil Belajar MAhasiswa” ini dapat diselesaikan oleh penulis. Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu persyarataan dalam mendapatkan nilai matakuliah Perancangan Sistem Informasi. Makalah ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggitingginya
kepada :

1. BAPAK KHAIRUDDIN,S.KOM, selaku Dosen Matakuliah perancangan sistem informasi di AMIKI, yang telah memberikan banyak pengetahuan mengenai INFORMASI SISTEM.
2. Rekan-rekan Mahasiswa AMIKI angkatan 2009 Kelas 4/6 yang telah memberkan dorongan untuk dapat menyelesaikan tugas ini tepat pada waktunya. Semoga Allah SWT berkenan memberikan balasan yang sesuai dengan budi baik yang telah mereka berikan. Penulis berharap semoga Makalah ini bermanfaat bagi pengembangan pendidikan, terutama dibidang Teknologi Informasi.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb
Banda Aceh, 20 juni 2011
Penulis,


RIFAN ASRI
ABSTRAKSI

Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa di dalam dunia pendidikan merupakan salah satu faktor yang sangat penting, karena dengan adanya penilaian hasil belajar, maka akan terlihat dengan jelas tingkat keberhasilan suatu penyelenggaraan pendidikan (universitas) dalam mendidik mahasiswanya. Adanya penilaian hasil belajar, juga akan memberikan gambaran yang jelas tentang prestasi hasil belajar mahasiswa, baik secara individu ataupun menyeluruh. Universitas AMIKI merupakan hasil bukti komitmen Yayasan Pendidikan Informatika dalam menjawab tantangan globalisasi serta kematangan akan kepedulian SDM yang berkualitas. Penilaian hasil belajar mahasiswa khususnya di Fakultas Ilmu Komputer sudah menggunakan suatu system yang disebut dengan Sistem Manajemen Perguruan Tinggi, tetapi pada system ini masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya nilai hanya bisa dapat diakses di dalam lingkungan kampus, sehingga mahasiswa ketika ingin melihat harus datang ke kampus, pengolahan data mahasiswa membutuhkan waktu yang lama dan informasi yang dihasilkan kurang berkualitas dan bernilai. Solusi pemecahan masalah dari kasus tersebut adalah dengan membuat sebuah sistem informasi penilaian hasil belajar mahasiswa berbasis web. Adanya sistem ini, diharapkan dapat memperbaharui sistem yang lama dengan sistem baru, sehingga pengolahan data nilai mahasiswa akan lebih cepat, akurat dan informasi yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan bernilai. Selain itu, dengan adanya sistem informasi ini, siswa dapat dengan mudah mengakses informasi tentang nilai hasil belajarnya darimana saja dan kapan saja dengan menggunakan fasilitas internet.









DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………..
KATA PENGANTAR ………………………………………………………………
ABSTRAKSI …………………………………………………………………………
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………..
BAB I. PENDAHULUAN …………………………………………………………
1.1. Latar Belakang ……………………………………………….
1.2. Tujuan dan Manfaat …………………………………………
1.3. Dasar tiori…………………………………………….
BAB II. METODOLOGI PENELITIAN ………………………………………
2.1. Tahapan Perencanaan ………………………………………
2.2. Tahapan Analisa ……………………………………………..
2.3. Tahapan Perancangan ……………………………………..
2.4. Tahapan Implementasi …………………………………….
2.5. Tahapan Penggunaan ………………………………………
BAB III. HASIL DAN PEMBAHASAN ……………………………………….
3.1. Tahapan Perencanaan ……………………………………….
3.2. Tahapan Analisa ………………………………………………
3.2.1. Analisa Masukan ……………………………………..
3.2.2. Analisa Keluaran ……………………………………..
3.2.3. Analisa Proses ………………………………………..
3.3. Tahap Perancangan ………………………………………….
3.3.1. DAD Sistem Informasi Hasil Belajar Mahasiswa
3.3.2. Rancangan Tabel ……………………………………..
3.4. Tahapan Implementasi ……………………………………..
3.5. Tahapan Penggunaan ……………………………………….
BAB IV. KESIMPULAN DAN SARAN …………………………………………
5.1. Kesimpulan ……………………………………………………….
5.2. Saran ……………………………………………………………….











BAB I
PENDAHULUAN

1.1. LATAR BELAKANG


Mahasiswa merupakan salah satu komponen masyarakat ilmiah dalam perguruan tinggi. Merekamerupakan input yang diharapkan dapat menjadi output yang dapat mengimbangi bahkan mengembangkan IPTEKS. Untuk mengolah input menjadi output yang berkualitas dan handal tidaklah mudah, karena hal ini memerlukan perjalanan panjang dan sejarah khususnya tentang apa saja yang menjadi tolak ukur untuk menciptakan output yang berkualitas dan mampu bersaing dipasaran. Salah satu tolak ukurnya adalah penilaian hasil belajar mahasiswa yang ditangani oleh Bagian Akademik. Penilaian dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan terhadap proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik program studi yang bersangkutan sehingga diperoleh informasi yang lengkap. Semua proses penilaian ini dilakukan di Bagian Akademik, dimulai dari proses input Data Program Studi, Data Mahasiswa, Data Dosen, Data Mata Kuliah. Datadata tersebut akan diolah dan menghasilkan informasi seperti Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
Penilaian dapat dilakukan dengan perpaduan dari berbagai bentuk penilaian melalui ujian, pelaksanaan tugas, lembar evaluasi diri, lembar pengamatan atau bentuk lain yang sesuai dengan karakteristik masingmasing mata kuliah dan program studi. Selanjutnya, bila proporsi nilai para mahasiswa berada di atas standar yang ditentukan lebih besar dari kelompok mahasiswa dengan nilai di bawah standar maka pengajaran
yang selama ini telah dilangsungkan dianggap bermutu. Sistem Informasi Akademik di Fakultas Ilmu Komputer untuk semua Program Studi (Teknik Informasi Jenjang Strata1,
Sistem Informasi Jenjang Strata1 dan Akuntansi Komputer Jenjang Diploma III) sudah
menggunakan sistem yang sudah terkomputerisasi. Proses pengolahan data akademik (Data Program Studi, Data Mahasiswa, Data Dosen, Data Mata Kuliah, Kartu Rencana Studi, Kartu Hasil Studi dan Transkip Nilai) diharapkan sistem yang baru yaitu Sistem Informasi Akademik Online dapat memberikan solusi terbaik.


1.2. TUJUAN DAN MANFAAT

Tujuan dan manfaat dari penulisan ini adalah :
1. Menempuh ujian mata kuliah Proyek Tehnologi Informasi DanPerubahan Manajamen
2. Sistem yang baru akan lebih baik dari sistem yang lama, sehingga mampu menyediakan informasi yang akurat dan cepat kepada Mahasiswa.
3. Memanfaat koneksi internet untuk layanan kepada mahasiswa, khususnya untuk Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa.
4. Melalui system online, Dosen dapat menginputkan sendiri nilai mahasiswa dari setiap mata kuliah yang diampu.
5. Proses pengolahan data akademik menjadi lebih mudah dan fleksibel.


1.3 DASAR TEORI


1 Definisi Sistem

Terdapat banyak sekali definisi sistem yang dikemukakan oleh para ahli. Dalam hal ini penulis mencoba untuk mengemukakan definisi sistem yang cukup bisa diterima secara logis, yaitu: Sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur atau variabelvariabel yang saling terorganisasi, saling berinteraksi, dan saling bergantung sama lain. Menurut Mc. Leod (1995) mendefinisikan Sistem sebagai sekelompok elemenelemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan. Menurut Scott (1996) sistem terdiri dari unsurunsur seperti masukan (input), pengolahan (processing), serta keluaran (output). Dari ketiga definisi sistem \ diatas maka penulis mengambil sebuah kesimpulan bahwa, sistem adalah suatu elemenelemen yang saling berhubungan satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu.


2. Definisi Informasi

Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Sumber dari informasi adalah data. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadiankejadian dan kesatuan nyata. Kejadiankejadian (event) adalah sesuatu yang terjadi pada saat yang tertentu.


3. Definisi Sistem Informasi

Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis, sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporanlaporan yang diperlukan.













































BAB II
METODOLOGI PENELITIAN

2.1 Tahapan Perencanaan

Tahapan analisa yaitu menterjemahkan kebutuhan pengguna ke dalam spesifikasi kebutuhan system (SRS – System / Software Requirement Spesification). Spesifikasi kebutuhan system ini bersifat menangkap semua yang dibutuhkan system dan dapat terus diperbaharui secara iterative selama berjalannya proses pengembangan system.


2.2 Tahapan Analisa

Menurut Yogiyanto (Tahun 1989) :Analisa Sistem atau System Analysis, dapat didefinisikansebagai “ Penguraian dari suatu system informasi yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud untukmengidentifikasikan dan mengevaluasi permaslahan permasalahan, kesempatan kesempatan, hambatan hambatan yang terjadi dan kebutuhan kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikanperbaikannya”. Dalam tahapan ini, segala permasalahan diidentifikasi baik kelebihan dan kekurangan system. Tahap analisa dilakukan pada system yang sedang berjalan pada saat itu untuk menemukan dan menganalisa kendalakendala yang terjadi, mencari alternative solusi
permasalahan dan menentukan salah satu solusi yang tepat.

2.3 Tahapan Perancangan

Tahap perancangan sistem mempunyai dua tujuan utama, yaitu :

a. Untuk memenuhi kebutuhan kepada pemakai sistem.
b. Untuk memberikan gambaran yang jelas dan rancang bangun yang lengkap kepada programmer dan ahli ahli teknis lainnya yang terlibat.

. Diagram Arus Data (DAD) atau Diagram Flow Data (DFD)

Diagram Arus Data (DAD) atau Diagram Flow Data (DFD)
merupakan model dari suatu sistem untuk menggambarkanpembagian sistem ke modul yang lebih kecil untuk memudahkan analisa yang dimulai dari diagram konteks, diagram overview dan diagram rinci yang tersusun secara bertingkat.







Entity Relationship Diagram (ERDiagram)

ER Diagram merupakan diagram yang menggambarkan hubungan data antara objek yang terdapat di dalam sistem tanpa memberikan informasi apapun tentang fungsi yang menghasilkan atau menggunakan data tersebut. Komponen ER
Diagram terdiri dari :

a. Entity adalah sesuatu yang digambarkan dengan sekumpulan attribute yang dimilikinya, dimana atribut tersebut akan dimanipulasi di dalam sistem. Untuk memberi nama entity digunakan kata benda, dimana masingmasing entity tidak boleh memiliki nama yang sama.
b. Relationship mengindikasikan hubungan antara dua atau lebih entity dan menggunakan kata kerja untuk menggambarkan hubungan tersebut.
c. Attribute adalah karakteristik dari entity atau relationship yang menyediakan penjelasan detail tentang entity atau relationship tersebut.
d. Cardinality menggambarkan banyaknya entity yang direlasikan ke suatu entity lain dengan suatu relationship.


2.4 Normalisasi

Proses normalisasi merupakan proses pengelompokkan data elemen menjadi tabeltabel yang menunjukkan entity dan relasinya. Pada proses ini selalu diuji pada beberapa kondisi apakah ada kesulitan pada saat menambah (Insert), menghapus (Delete), mengubah (Update), dan menbaca (Select) pada basis data.


2.5 Tahapan Implementasi

Suatu rencana implementasi perlu dibuat terlebih dahulu supaya dapat beroperasi sesuai dengan yang diharapkan. Semua biaya yang akan dikeluarkan untuk kegiatan implemantasi perlu dianggarkan dalam bentuk anggaran biaya.
Kegiatankegiatan yang akan dilakukan dalam implementasi adalah
a. Pemilihan dan pelatihan personil
b. Pemilihan tempat dan instalasi H/W dan S/W
c. Pemrograman dan pengetesan program
d. Pengetesan Sistem
e. Konversi Sistem


2.6 Tahapan Penggunaan

Dengan menggunakan sistem ini diharapkan akan memenuhi kebutuhan bagi para pemakai dan lebih efesien dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehingga segala bentuk pengolahan data (data nilai dan laporanlaporan) dapat dilakukan dengan cepat, system dapat menyediakan informasi dengan cepat pula kepada mahasiswa
BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN

3.1. Tahapan Perencanaan

Kebutuhan diperlukan untuk membentuk suatu Sistem Informasi Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa pada UNSERA adalah :
1. Mengusulkan transformasi system yang berjalan ke systeminformasi berbasis computer (komputerisasi).
2. Mengusulkan agar system informasi dibuat dalam bentuk online atau dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh mahasiswa dengan memanfaatkan jasa internet.

3.2. Tahapan Analisa

Analisa sistem yang terdapat pada penelitian ini yaitu masalah penilaian siswa dari mulai awal semester hingga akhir semester sampai dengan laporanlaporan yang berhubungan dengan penilaian hasil belajar mahasiswa.

3.2.1. Analisa Data

Sebagai bahan masukan yang digunakan oleh sistem informasi ini adalah :
1. Data Mata Kuliah Data Mata Kuliah ini diperoleh dari Ketua Program Studi yang telah diserahkan ke Bagian Akademik.
2. Data Mahasiswa Data mahasiswa diperoleh dari Bagian Akademik.
3. Kartu Rencana Studi Kartu Rencana Studi diperoleh dari mahasiswa yang telah mengisi mata kuliah yang akan diambil pada semester aktif dan disetujui oleh ketua program studi atau pembimbing akademik.
4. Data Nilai dari Dosen Data nilai diperoleh dari Dosen Pengampu mata kuliah yang meliputi nilai kehadiran, tugas, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.



3.2.2. Analisa Keluaran

Sebagai bahan keluaran (output) pada sistem informasi ini adalah :
1. Kartu Hasil Studi (KHS) Informasi yang terdapat pada Kartu Hasil Studi (KHS) meliputi :
a. NIM
b. Nama Mahasiswa
c. Tempat / Tanggal Lahir
d. Jenjang Pendidikan
e. Jurusan
f. Program Studi
g. Semester
h. Mata Kuliah
i. Huruf Mutu
j. Angka Mutu
k. Kredit
l. Mutu
m. Jumlah SKS
n. Jumlah Bobot
o. Indeks Prestasi

2. Transkip Nilai
Daftar nilai ini berisi informasi tentang nilai seluruh mata kuliah yang telah ditempuh oleh mahasiswa di beberapa semester, jumlah total sks, sks yang telah ditempuh dan indek prestasi
komulatif.

3.2.3. Analisa Proses
a. Proses Input Data Mata Kuliah
b. Proses Input Data Mahasiswa
c. Proses Input Data KRS
d. Olah Data Nilai
e. Cetak Laporan

3.3 Tahapan Perancangan

4.3.1. DAD Sistem Informasi Hasil Belajar Mahasisa



Gambar 4.1. Diagram Konteks SI Hasil Belajar Mahasiswa





Keterangan :
Data_MK : Data Mata Kuliah
D_Mhs : Data Mahasiswa
KRS : Kartu Rencana Studi
KHS : Kartu Hasil Studi
TransNil : Transkip Nilai

















































































































4.4. Tahapan Penggunaan

Pada tahapan penggunaan, user atau operator akan menggunakan aplikasi tersebut dengan arahan yang diberikan oleh Trainer. Dalam hal ini, system dioperasikan oleh 1 (satu) orang operator untuk
Masingmasing fakultas. Dengan adanya system ini, maka dapat dilakukan efisiensi terutama waktu, biaya dan tenaga kerja, informasi yang disajikan cepat dan akurat.















BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN

4.1 Kesimpulan

Dari uraian di atas maka dapat diambil kesimpulan :
1. Sistem Informasi Hasil Belajar Mahasiswa yang telah diterapkan di Bagian Akademik belum optimal, karena masih dijumpai beberapa kekurangan yaitu masih sering terjadi kesalahan input nilai sehingga masih ada mahasiswa yang komplain nilai.
2. Sistem Informasi Hasil Belajar Mahasiswa belum bisa diakses secara online.

4.2 Saran

1. Penulis mengharapkan dan menyarankan setelah di implementasikan Sistem Hasil Belajar Mahasiswa secara Online akan mengalami perubahanperubahan yang positif.
2. Untuk lebih lanjut, Sistem Informasi Hasil Belajar Mahasiswa dapat diimplementasikan dengan menggunakan jasa Telekomunikasi seperti SMS melalui Ponsel.
3. Sistem dapat membuat segmentansi Indek Prestasi Terendah dan Indeks Prestasi Tertinggi untuk dipertimbangkan mendapatkan beasiswa.





DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir & Terra Ch. Triwahyuni. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Andi Offset. Yogyakarta.
Raymond Mc. Leod, Jr. sistem Informasi Manajemen, PT. Prehalindo, Jakarta 2001.
Gordon B. Davis, Kerangka dasar Sistem informasi manajemen (Bagian Pengantar).
Yogiyanto, HM, Analisa dan Desain, Andi Offset, Yogyakarta, Tahun 1989.
M. Ngalim Purwanto, Prinsipprinsip dan Evaluasi Pengajaran, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung
Terima kasih telah membaca artikel tentang makalah perancangan sistem informasi di blog RIFAN ASRI jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com